Audiophile

Audiophile adalah sebutan bagi orang-orang yang maniak dengan kualitas audio. Saya belum audiophile (wah berarti akan?), tapi sedikit banyak saya masih bisa membedakan suara yang enak dan suara yang seperti kaleng.

Earphone yang saya gunakan sekarang hanyalah earphone bonus dari ponsel. Sekarang earphone yang saya gunakan adalah earphone bonus dari blackberry curve. Earphone istri saya lebih keren. Earphone iPhone 5. Nah, terasa sekali perbedaan suara kedua earphone ini.

Earphone iPhone 5 begitu enak masuk ke dalam telinga. Tidak copot-copot. Pas. Earphone Blackberry ini memang tidak copot-copot juga sih, hanya saja masuknya tidak pas. Kualitas suaranya juga jauh.

Earphone iPhone 5 jika dijual di pasaran harganya setahu saya Rp 350.000

Harga ini masih terbilang murah bagi audiophile. Ada earphone yang harganya mencapai jutaan rupiah.

Langkah selanjutnya bagi audiophile adalah memiliki kualitas lagu digital dengan format flac aka free losless audio codec. Nah lagu digital dengan kualitas flac jelas lebih memiliki suara yang lebih mantap. Suara gitar, suara gaung, suara satu, suara dua, dst.

Terkadang saya suka mendengarkan lagu keras-keras sebagai pelarian karena saya bisa membawa pikiran saya ke mana saya mau, melintasi batas ruang dan waktu…

Tinggalkan Balasan

