Pecha Kucha Jakarta: Diversity

Ouch, ternyata tulisan ini gagal di-posting. #terlambat

Semalam saya menemani istri menghadiri Pecha Kucha Jakarta. Tema yang diangkat kali ini adalah Diversity. Keragaman. Menarik bagi saya karena dari kecil saya sudah kenal dengan konsep bhinneka, namun terus tumbuh dewasa saya merasa masyarakat sosial justru cenderung membentuk ke keseragaman.

Pecha Kucha semalam merupakan Pecha Kucha kedua saya. Sebelumnya saya hadir, dengan tema Education. Pecha Kucha di Jakarta ini diadakan oleh Maverick. Setahu saya Maverick merupakan biro periklanan.

Kami tiba di Es Teler 77 Blok M sudah pukul 19.45 Jadi kami sudah tertinggal beberapa pembicara. Bagi yang belum tahu format Pecha Kucha, adalah presentasi singkat. Slide akan berganti secara otomatis. Jadi perlu seni tersendiri dalam menyampaikan pesan di Pecha Kucha.

Menurut saya semua pembicara yang saya saksikan semalam sungguh menarik. Satu-dua ada yang menyampaikan dengan cara membosankan. Pemateri festival Venice cenderung membaca. Pemateri dari Goethe bagi saya terlihat kaku. Errr padahal dengar-dengar dia lah yang membawa Pecha Kucha ke Jakarta.

Pemateri hula-hula dance ternyata Ibunya berasa dari Indonesia. Di akhir sesinya, ia menarikan hula. Wah gemulai sekali gerakannya. Ternyata memang benar berbeda sensasi menyaksikan langsung dengan menonton di TV.

Lalu pembicara dari Perancis. Flocations. Pengucapan bahasa Inggrisnya tak terlalu bagus sehingga agak sulit menangkap apa yang ia omongkan. Ia cerita bagaimana begitu beragamnya perusahaan flocation ini. Ada orang China, Taiwan, Jepang, Perancis. Wah benar-benar beragam deh.

Sebagai penutup adalah selebritis youtube yang saya pun tak tahu. Bukan Psy. Ternyata ia sudah cukup terkenal di kalangan ekspatriat dengan video youtube-nya “How to act Indonesian”.

Kehidupan manusia begitu menarik dan begitu beragam….

Satu pemikiran pada “Pecha Kucha Jakarta: Diversity

  1. kita juga perlu sadar bahwa ada orang yang masih dalam tahapan belajar atau lupa “rumusnya”, dan kenyataannya kita sendiri selalu dalam tahapan itu😀 #soalkakumembosankan

Tinggalkan Balasan

