Otak Manusia yang Menakjubkan

Di zaman yang canggih ini, saya kembali menyadari betapa menakjubkannya otak manusia. Berikut saya coba bercerita mengapa saya menulis hal ini.

Belum lama ini saya mencoba membaca buku Natural Language Processing (NLP). NLP adalah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana memproses bahasa natural. Bahasa natural adalah bahasa yang digunakan oleh manusia sehari-hari dalam berkomunikasi.

“Hai, apa kabar?”
“Waduh warung buncit macet”
“Nanti pulang mampir dulu beli buah ya”

Lawan bicara akan mengerti apa yang dimaksud. Berbeda dengan mesin (zaman dulu kali ya?) yang harus diberi instruksi sesuai dengan apa yang sudah didefinisikan.

“Nyalakan mesin cuci”
“Nyalakan TV”

Ini baru satu. NLP. Lalu saya juga sempat secara random membaca mengenai image processing. Pengolahan citra. Bagi manusia sangat mudah membedakan tulisan yang ada di CAPTCHA tapi tidak dengan komputer.

Lalu saya lihat lagi bagaimana tumbuh kembang anak saya. Bagaimana ia belajar hal baru. Menghafal. Kata-kata baru. Menggambar. Bernyanyi. dst…

Jadi jangan pernah sia-siakan otak Anda🙂

2 pemikiran pada “Otak Manusia yang Menakjubkan

Tinggalkan Balasan

