Tentang Ramai-ramai Perang Cyber

Preparing to enter the matrix

Dipicu oleh penyadapan Presiden SBYudhoyono oleh pemerintah Australia, di ranah cyber ramai akan perang cyber. Saya memang bekerja di dunia keamanan informasi tapi saya bukan rockstar hacker.

Sebelumnya, dan lagi-lagi, perlu dijelaskan dulu perbedaan cracker dengan hacker. Pendeknya: cracker adalah perusak; dan hacker adalah pembuat lebih baik.

Jim Geovedi dan Ammar telah berkomentar lebih dahulu mengenai perang cyber ini. Baca baik-baik tulisan tersebut. Khusus untuk tulisan Jim, jangan terlalu serius, tapi tetap baca baik-baik😉

Deface adalah jalan singkat menuju ketenaran, tapi lalu apa setelah itu? Bangga bisa mengobrak-abrik sistem orang lain? Bisakah mengamankannya?

Deface bukanlah jalan menjadi seorang hacker. Budaya hacker adalah berbagi dan kontribusi. Coba lihat tulisan Rizki Wicaksono yang konsisten berbagi ilmu di ilmuhacking.com. Coba, bisa tidak membuat tulisan sedetail dan selengkap ilmuhacking?

Kontribusi.

Kontribusi melalui kode. Lakukanlah kontribusi kode dengan memberikan perbaikan pada program F/OSS. Buat pull request pada git. Atau jika lebih hebat lagi, buat sendiri program F/OSS Anda di bidang keamanan informasi. Misal membuat automated XSS scanner. Bisa? Jangan bangga kalau cuma bisa menggunakan tanpa kontribusi. Untuk yang tidak spesifik ke dunia keamanan informasi, bisa coba kontribusi ke proyek blankonlinux.

Tidak terlalu jago coding? Tidak mengapa. Yang penting terus coba belajar. Konsisten, perlahan-lahan. Kontribusi tetap dapat dilakukan dalam hal dokumentasi. Menerjemahkan, membuat manual, menjawab pertanyaan di milis, menulis di blog, dst.

Kontribusi lainnya bisa juga berupa membangun komunitas. Baik offline maupun online. Mengadakan acara kopi darat, berbagi ilmu, mengumpulkan orang, mencari pembicara, menjadi pembicara, dst, dst.

Itulah jalan (panjang dan sepi) menjadi hacker.

3 pemikiran pada “Tentang Ramai-ramai Perang Cyber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s