Sulitnya Menjaga Infrastruktur (Internet)

Hari ini saya mencoba mengakses layanan blog ITB. Tapi ternyata tidak bisa diakses. Padahal saya termasuk salah seorang pengguna layanan ini.

Menjaga infrastruktur (termasuk Internet) itu adalah suatu hal yang tidak mudah. Butuh orang yang berdedikasi tinggi menjaga-nya.

Saya punya 1 server yang saya kelola. Server ini sempat lama mati karena ketidakmulusan proses upgrade. Sempat teranggur cukup lama karena saya belum sempat melakukan install ulang.

Ini baru soal server. Belum soal infrastruktur lainnya. Jalanan, mobil, taman, ruangan, dst, dst. Jadi jangan coba-coba berpikir merusak infrastruktur publik. Apalagi melakukan vandalisme. Kalau di dunia Internet itu defacer.

Tinggalkan Balasan

