Kesalahan Pendidikan?

Pendidikan (formal) masih dianggap penting. Kritikan akan pendidikan sudah begitu banyak. Apa iya sih, parah sekali sitem pendidikan kita?

Saya menyadari bahwa matematika itu bukan berhitung baru di tingkat kuliah. Matematika ternyata bukan sekadar berhitung. Ini baru soal matematika.

Lalu kedua soal menulis. Menulis adalah kemampuan yang tak bisa instan dicapai. Menulis perlu dilatih. Terus menerus. Lantas, sudah terbiasakah kita menulis?

Saya sendiri baru rutin menulis pun saat sudah masuk kuliah. Saat saya membaca tulisan teman saya, saya terkagum. Bagaimana caranya ia bisa menulis tulisan sebagus itu? Oh ternyata ia banyak membaca. Barulah kemudian saya belajar membaca.

Dari SD hingga SMA, sistem ujian kita terlalu mengandalkan pilihan ganda. Jadi kemampuan menulis tak terasah.

Ketiga, sedikit di luar konteks. Katanya programmer yang hebat itu, saat menulis program, sudah bagaikan penulis menulis esai. Lancar dan tanpa putus…

Sudah dulu deh ngelanturnya. Saatnya beraktivitas… (ini menulis sambil menunggu git clone selesai)

Tinggalkan Balasan

