Ban Bocor

Yak, hari dengan ban kempes kembali terjadi.

Tadi pagi, usai mengantar istri saya berinisiatif menambah angin (saya menggunakan nitrogen) pada keempat ban mobil. Pagi ini kebetulan ada waktu kosong sehingga saya putuskan untuk menambah angin. Keempat ban ini sedikit turun tekanannya. Rata-rata menjadi bertekanan 28 dari 32 untuk ban depan dan 34 untuk ban belakang.

Singkat cerita, usai berkumpul, saya pun pulang. Baru jalan 30 meter dari rumah orang tua, saya merasakan mobil berat ke kiri dan terdengar bunyi karet ban beradu dengan aspal dan velg.

Wah, ban kiri depan bisa jadi bocor. Begitu dalam hati saya. Mobil segera saya pinggirkan, dan betul. Ban kiri depan sudah tampa angin sama sekali.

Tanpa pengalaman sebelumnya mengganti mobil ini, saya sudah tahu di mana tempat ban serep dan kunci ban. Saya lupa di mana lokasi dongkrak.

Di tengah kepanikan, saya tetap berusaha berpikir sistematis. Hal apa yang perlu saya lakukan. Dan juga hal yang bisa saya lakukan sendiri.

Untungnya saya dibantu kakak dan bapak saya. Saya hanya bisa membuka dua dari empat baut pada ban. Untuk mendongkrak pun diperlukan dua dongkrak karena posisi ban kiri yang sudah terlalu rata dengan tanah. Dongkrak lainnya digunakan pada sisi kanan.

Di tengah hujan gerimis kami bertiga mengganti ban…

Ban kiri ini memang sudah ada dua tambalan tubeless. Salah satu tambalan berada di sisi atas bukan tapak ban. Menurut yang menambal dulu, lubang ini berada pada bagian ban yang tidak ada kawatnya. Yang berakibat ban cenderung lemah. Dulu ia menyarankan untuk ditukar ke belakang.

Rasanya saya perlu lebih bersiap menghadapi kondisi-kondisi darurat, termasuk dalam hal ini mengganti ban.

Tinggalkan Balasan

