Disiplin dan Kreativitas

Apakah kedua hal ini merupakan oksimoron? Disiplin dan kreativitas.

Jika disuruh memilih salah satu diantara kedua lema di atas, mana yang akan Anda pilih?

Saya suka segala sesuatu yang teratur. Saya suka apabila lawan saya datang tepat waktu saat membuat janji. Saya suka berjalan di trotoar jika sedang berjalan kaki. Sayangnya, saya tidak selalu sikat gigi sebelum saya tidur. Saya tidak selalu bangun pagi setiap hari.

Saya suka menulis, tapi saya tak pernah sungguh-sungguh dalam menulis. Sungguh-sungguh di sini dalam artian tulisan yang benar-an. Tulisan di blog ini kan sifatnya spontan. Tulisan yang benar-an itu saya definisikan sebagai tulisan yang layak muat dalam media cetak.

Saya suka membaca tapi saya belum konsisten membaca buku. Mayoritas saat ini informasi yang saya baca adalah informasi yang ada di Internet. Ada yang bilang, bahwa mayoritas informasi di Internet adalah sampah. Benarkah? Saya rajin membaca feed blog yang saya tambahkan dalam feedly.

Saya suka musik tapi saya tak pernah sungguh-sungguh berlatih. Yang sungguh-sungguh saya lakukan paling sebatas menjadi penikmat saja.

Saya masih harus lebih banyak belajar berlaku disiplin dan bagaimana mengasah kreativitas. Dua hal yang harusnya bisa beriringan, bukan oksimoron.

Tinggalkan Balasan

