Belajar Memecahkan Masalah

Salah satu hal yang saya ingat tentang bagaimana memecahkan masalah adalah sebagai berikut:

1. Definisikan masalah. Tulis dengan jelas.
2. Bagi masalah menjadi kecil-kecil. Terus kecil-kecil lagi.
3. Jika belum mengerti, berarti masalah belum terdefinisi dengan jelas. Kembali ke 1. Jika sudah jelas lanjut ke langkah berikutnya.
4. Pecahkan masalah.

Hari ini saya baru saja selesai menulis script sederhana. Masih versi awal. Sederhana sekali. Script saya akan memeriksa apabila ada tulisan baru di planet, lalu ia akan menulis tweet. Versi berikutnya: menulis tweet yang dilengkapi dengan akun twitter penulis dan URL blog.

Tidak ada yang mistis soal bagaimana belajar pemrograman. Kesan mistis muncul saat kita duduk di samping orang yang sibuk mengetik dan kita tak tahu ia mengetik apa. Belajar pemrograman itu layaknya belajar bahasa. Kita perlu terbiasa untuk bisa fasih. Fluent. Dan itu tentu butuh waktu.

Memecahkan masalah merupakan salah awal yang paling baik dalam belajar pemrograman. Dan masalah yang begitu penasaran ingin kita pecahkan adalah masalah yang kita hadapi sendiri.

Ada tulisan yang bagus sekali soal apa saja yang sebaiknya orang lain kabari sebelum kita belajar bagaimana menulis kode. Saya tulis saja tautannya di sini, sekalian agar saya tak lupa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s