Internet yang Membosankan

Apakah kita butuh Internet cepat? Begitulah pertanyaan dari @tifsembiring Kicauan yang memancing beragam reaksi. Menurut saya @tifsembiring berhasil memicu percakapan.

Namun kali ini saya tak akan berpendapat mengenai Internet yang cepat. Saya justru berpendapat, kehidupan di Internet itu (lama-lama) membosankan. Bahkan dengan koneksi yang cepat sekalipun. Jadi yang lebih penting adalah keseimbangan antara hidup di dunia maya dengan dunia nyata.

Belum lama ini saya ke toko buku. Baiklah, lebih tepatnya: ak’sa’ra. Menelusuri rak toko buku itu menyenangkan. Kita diajak menjelajah, mencermati setiap sampul buku. Menebak-nebak apa isi cerita di dalam buku itu.

Buku tak selalu harus melulu berupa tulisan. Ada buku tentang visualisasi. Bagaimana cara menyajikan data. Macam-macam grafik. Pun ragam pilihan warna. Ada lagi buku novel grafik. Cerita novel melalui tulisan. Detail setting yang digambar.

Menarik-menarik kan?

Belum lagi alat tulis yang ada di ak’sa’ra. Alat tulis di sini jelas bukan mengejar fungsionalitas semata, tapi estetika yang diutamakan. Sesuai dengan harganya.

Memang kehadiran Internet seolah membuat segala sesuatu menjadi murah karena mayoritas bisa diakses tanpa biaya (selain biaya koneksi). Namun apakah informasi itu benar-benar berguna? Bagaimana dengan waktu yang terbuang? Saya jadi berpikir: harusnya saya mengalokasikan anggaran khusus untuk membeli buku lebih banyak😀

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan selain tersambung ke Internet: buka facebook/twitter. Menulis, membaca, menggambar, bermusik, memasak, foto, nonton bioskop, olahraga, nonton konser. Bukan, bukan berarti saya anti dengan Internet. Hanya saja, sebenarnya banyak aktivitas kreatif yang bisa dilakukan di luar sana. Termasuk jalan-jalan.

Satu pemikiran pada “Internet yang Membosankan

Tinggalkan Balasan

