Kemampuan Menulis dan Membaca

Saat saya kuliah dulu, zaman TPB (Tahap Persiapan Bersama) ada seorang teman yang selalu membawa buku berbahasa Inggris. Buku novel. Fiksi sepertinya. Buku yang saya tak pernah tahu judul dan penulisnya.

Teman saya ini selalu duduk di belakang. Saat kuliah berlangsung, saya perhatikan ia tak mencatat. Ia asyik saja membaca buku yang ia bawa. Bukunya sering sekali berganti. Kemarin bawa apa, minggu depan bawa apa.

Lama tak berjumpa dengannya, suatu waktu saya kaget saat membaca tulisannya di Jakarta Post Travel. Pilihan kata bahasa Inggrisnya sungguh mengagumkan! Belepotan saya membacanya.

Dari kejadian ini, saya menyimpulkan: kemampuan menulis sebanding dengan apa yang kita baca. Kemampuan yang perlu dilatih terus-menerus.

Bukan yang ujug-ujug jadi. Lhah, apakah ada yang instan selain mie instan?

Tinggalkan Balasan

