Bertanya Lebih Sulit daripada Menjawab

Hipotesis no 38: bertanya lebih sulit daripada menjawab.

Setelah lama tak kembali login di security.stackexchange.com, Jum’at lalu saya sempatkan mengunjungi situs ini. Saya mencoba menjawab pertanyaan: “Mengapa password dengan hash lebih aman dari password tanpa hash?”. Pagi ini saya cek profil saya, dan saya sudah mendapatkan +90 karma. Wow!

Di stackoverflow.com saya mengajukan pertanyaan. Saya bertanya, apakah ada cara lain selain menggunakan cron, untuk mengakses secara periodik Twitter API Stream. Alih-alih mendapatkan jawaban pencerahan, saya justru mendapat kritikan. Karma saya -1. Saya diminta untuk memperbaiki pertanyaan.

Jadi, zaman sekarang mereka yang lebih pintar adalah mereka yang bisa bertanya. Karena jawaban bisa dibantu oleh Google😉

Oh ya, bagi yang belum tahu apa itu stackoverflow dkk. Stackoverflow adalah situs yang menyediakan tanya-jawab khususnya yang berkaitan dengan teknologi informasi. Namun mereka berkembang. security.stackexchange.com adalah salah satu proyek sayapnya. Masih ada lagi crypto.stackexchange.com yang fokus soal kriptografi. Berbeda dengan hasil pencarian Google yang memberikan jawaban teratas berdasarkan page rank, pertanyaan pada stackoverflow dijawab oleh manusia dan dimoderasi oleh manusia juga.

Di Amerika Serikat, setahu saya, perusahaan akan meminta profil stackoverflow sebagai salah satu cara mencari/menyeleksi pegawai. Apabila karma-nya tinggi, maka reputasinya tak perlu diragukan lagi. Nah, jadi tak ada salahnya coba memulai membangun reputasi di stackoverflow.

Tinggalkan Balasan

