Hidup Paling Susah

Saat dirundung masalah, kita suka merasa, bahwa di antara 6 milyar manusia di bumi, hidup kita-lah yang paling susah. Benarkah?

Bangun sebelum matahari terbit. Meninggalkan rumah, matahari belum bersinar. Di jalan macet. Motor motong jalan. Angkot ngetem. Kereta gangguan sinyal. Transjakarta mogok. Di kantor, kerjakan tak kunjung habis. Dimarahi bos. Rekan kerja tak becus. Pulang kehujanan. Banjir. Sepatu basah. Macet lagi. Sampai rumah, matahari sudah pergi ke belahan dunia lain. Perut lapar, belum beli makan malam. Ngantuk. Setrikaan menumpuk. Rumah bocor. Tetangga ribut. Sebelum tidur masih terpikir besok harus bangun pagi lagi, padahal waktu sudah menunjukkan pukul 12 malam.

Apa iya?

Beruntung, sebagai pengguna transportasi publik, saya bisa melihat beragam orang beraktivitas. Dan salah satunya adalah hal yang membuat saya menyadari, bahwa bukan saya yang memiliki masalah paling susah di dunia ini.

Usai turun di halte Mampang, di depan saya tiba-tiba turun seorang penumpang yang setengah dituntun oleh penumpang lainnya. Oh ya, rasanya sekarang halte Transjakarta lebih layak diberi nama halte Kopaja AC. Ternyata ia adalah penumpang yang buta. Tunanetra. Ia turut menaiki Kopaja AC yang penuh dengan penumpang.

Ia berjalan menggunakan tongkat yang biasa digunakan oleh tunanetra untuk berjalan. Saat naik tangga di halte Mampang, seorang perempuan menggandeng tangannya. Namun sesampainya di atas jembatan penyeberangan, mereka berdua berpisah. Ternyata sang perempuan menuju ke arah yang berbeda.

Bagi yang sudah tahu bagaimana kondisi transportasi publik Jakarta tentu bisa membayangkan situasi di atas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s