Pemilu Legislatif 9 April 2014

Akhirnya hari pemilu legislatif tiba juga. Dari pengamatan sederhana saya, semakin banyak orang yang apatis dengan politik. Teman-teman kantor, teman kuliah, tetangga, dan saudara. Apatis, tepat tidak ya istilahnya? Yang jelas mereka tidak bersemangat memberikan hak suara-nya besok.

Saya sendiri belum menentukan pilihan hingga detik ini. Saya belum tahu siapa yang akan saya coblos besok. Baik itu DPR, DPRD, dan DPD. Apakah saya termasuk yang apatis juga?

Pemilu merupakan hajat besar negara. Begitu banyak waktu/tenaga/pikiran/uang yang dikeluarkan untuk acara ini. Hasilnya? Silakan ukur sendiri. Pemilu merupakan acara yang diperlukan untuk melegitimasi kekuasaan politik. Yang jelas, negara telah mengeluarkan banyak uang untuk Pemilu ini. Dan uang negara tentu adalah uang warga negara (yang bisa jadi berasal dari pajak yang kita bayarkan).

Saat kuliah dulu, saya sadar bahwa perubahan terjadi di ranah politik, bukan di ranah teknis. Lantas mengapa saya dulu kuliah di kampus ‘teknologi’?🙂

Kata-kata yang saya tulis di atas, mungkin terkesan kasar bagi budaya timur. Konteksnya tepat tidak ya jika saya tuliskan di sini? Pendek kata: tak usah banyak bicara dan habiskan uangmu sesuai dengan pilihan (hidup) mu.

Selamat memilih! Termasuk memilih untuk tak memilih.

2 pemikiran pada “Pemilu Legislatif 9 April 2014

Tinggalkan Balasan

