Ujian Teori SIM

Ujian tertulis terakhir yang saya ingat adalah ujian CISA (Certified Information System Auditor). Ujian CISA memakan waktu 240 menit dengan jumlah soal … (saya lupa persisnya. Sampai 400?). Waktu ini termasuk waktu untuk menghitamkan jawaban dengan pensil 2B.

Bagi saya, ujian CISA ini merupakan ujian pilihan ganda yang tersulit yang pernah saya alami. Hingga…

Hari ini saya mengantar istri membuat SKCK. Usai SKCK selesai, saya coba iseng tanya bagaimana prosedur membuat SIM baru. Apa saja yang perlu disiapkan. Saya pun ambil brosur tersebut. Ide random ini lantas saya teruskan untuk mengajukan pembuatan SIM baru.

Taraa…

Dan ternyata ujian teori SIM ini cukup menguras isi otak saya. Selama saya menyetir, mana saya tahu UU No 22 tahun 2009, UU No 14 tahun 1992. Pada catatan tersebut, saya tuliskan pertanyaan-pertanyaan yang membuat saya bingung.

Ini saya coba tuliskan. Digambarkan rambu lalu lintas dengan lingkaran sempurna berwarna merah. Apa artinya coba?

Lalu, soal cerita. Misal ada sebuah mobil pribadi Colt L300 terdiri dari 4 baris yang bisa membawa 10 orang. Pengemudi mobil ini wajib memiliki SIM apa? Apakah SIM A, SIM B1, atau belum bisa ditentukan karena perlu dilakukan penimbangan berat mobil dst.

Soal mengenai sabuk pengaman. Menurut UU, siapakah yang wajib mengenakan sabuk pengaman? Apakah pengemudi saja, atau pengemudi dan penumpang di depan, atau seluruh penumpang mobil?

Soal ilustrasi. Anda ingin mendahului mobil di depan sementara marka jalan ada garis putus-putus di sisi kiri tapi di sisi kanan berupa garis lurus tak terputus. Apa artinya?

Di ujian praktik saya gagal, dan saya baru bisa kembali 2 minggu lagi untuk ujian ulang.

Akhir kata, … ternyata masih lebih sulit ujian CISA kok walau tingkat kesulitan ujian SIM berada sedikit di bawah ujian CISA😀

3 pemikiran pada “Ujian Teori SIM

Tinggalkan Balasan

