Sistem Pendukung

“If I have seen further it is by standing in the shoulder of giants”, Isaac Newton.

Saya suka kutipan ini. Kutipan ini sering digunakan dalam dunia akademis. Penelitian yang hebat takkan bisa hebat jika tidak berdasarkan penelitian-penelitian yang telah dilakukan oleh orang-orang lain sebelumnya. Kecuali penelitian itu sangat hebat sekali sehingga ia bisa menjadi pondasi baru.

Kutipan ini sebenarnya tak hanya berlaku dalam dunia akademik tapi juga di dunia nyata. Apa yang membuat kita dalam kondisi sekarang ini, tentu tak pernah terlepas dari peran orang-orang lain. Mulai dari guru SD, guru SMP, guru SMA, dosen, dst. Mulai dari pembantu, supir pribadi, supir angkot, baby sitter. Dalam dunia kerja, tentu berkat peran rekan, atasan, bawahan, client. Dan tentu dari orang-orang terdekat, orang tua, kakak, adik, istri, suami.

Tanpa disadari, mereka telah menjadi sistem pendukung (supporting system) yang mampu mendukung, mampu membuat kita lepas landas terbang tinggi menggapai mimpi. Dalam waktu dekat saya (dan juga istri) akan menempuh perjalanan. Dan dalam tulisan ini, saya ingin mengucapkan terima kasih khususnya kepada mereka orang-orang terdekat saya, teman-teman, rekan kerja, atasan, yang telah membantu membuat semuanya bisa terwujud.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s