Konsisten

Akhirnya, #kopdarpython kembali sukses berlangsung. Tanpa terasa, ini menjadi kopdar ke-8 yang saya organize. Apa ya padanan organizer? Provokator? Lhoh kok jadi berkesan negatif.

Visi saya tak muluk. Konsisten 2 bulan sekali dengan pembicara minimal 2 orang. Mudah? Kata siapa.

Coba saja jalani. Memang tak mudah, tapi saya percaya the show must go on. Proses membangun komunitas butuh waktu. Tak bisa sekali, dua kali, lalu menghilang. Termasuk waktu keluarga yang harus disisihkan sejenak.

Tak cukup dengan acara besar. OK, sebenarnya saya relatif kurang setuju dengan acara yang bersifat mercusuar. Saya lebih suka acara kecil-kecil namun konsisten. Bukan berarti saya tak akan mendukung misalnya jika komunitas Python Indonesia ingin mengadakan PyConID, Konferensi Python Indonesia yang mengundang para pembicara kunci ternama dalam Python. Saya hanya percaya, butuh waktu yang tak singkat dan jalan panjang menuju ke sana.

Saya sendiri bukan seorang ahli dalam bahasa Python. I am not an Python expert yet. Banyak yang lebih jago dari saya.

Saya percaya, bahwa bahasa pemrograman Python memiliki kurva belajar yang relatif landai dan saya juga percaya di luar sana, banyak orang-orang yang mahir dan perlu berbagi ilmu. Berbagi ilmu dan mengajar, merupakan cara yang paling baik untuk belajar. For those who can’t, teach!.

Dan sekarang saatnya tongkat estafet saya serahkan…

Tinggalkan Balasan

