Perspektif yang Berbeda

Dunia memang diciptakan penuh warna. Satu hal di satu tempat, bisa berarti berbeda nilainya di tempat lain. Tulisan ini merupakan hasil obrolan saya dengan rekan yang pernah menetap selama beberapa tahun di Jepang.

Misal. Anda berada di kos-kosan. Atau kontrakan deh, untuk mudahnya. Jadi ceritanya, Anda memutuskan untuk mengontrak rumah bersama teman-teman kuliah. Saat ada piring kotor menumpuk di dapur dan sampah seminggu belum dibuang, apa yang akan dilakukan?

Kalau di Jepang, sang penghuni kontrakan akan mencuci piring dan membuang sampah. Apa yang ada dalam pikiran orang Jepang ini? Ya, tak ada yang salah. Ia memang merasa perlu berkontribusi ke komunitas. Salah satunya dengan membuang sampah dan mencuci piring. Jadi, konteksnya adalah positif. Ia senang saat bisa berkontribusi ke lingkungan sekitar. Tak merugikan orang lain dan justru bisa membantu.

Kalau kontrakannya ada di Bandung. Bagaimana? Penghuni kontrakan juga akan mencuci piring dan membuang sampah. Tapi mengapa? Bisa jadi karena tak ada lagi piring bersih yang bisa digunakan untuk makan. Atau sampah yang sudah melebihi volume tempat sampah hingga luber. Sang pencuci piring/pembuang sampah ini kesal. Mengapa kok ia yang jadinya membuang sampah/mencuci piring. Padahal bisa jadi bukan ia yang banyak membuang sampah/memakai piring. Jadi, konteksnya adalah negatif. Kesal. Untuk apa kontribusi ke masyarakat/lingkungan sekitar? Toh tak ada untungnya bagi pribadi.

2 pemikiran pada “Perspektif yang Berbeda

  1. karakter dasar kita memang egois. mungkin ini salah dari awal, orang tua / sekolah tidak mengajarkan hal2 mendasar seperti kontribusi ke masyarakat. bahkan terkadang orang2 baru mau ikut kontribusi gotong royong bersih2 lingkungan bukan karena kesadaran, tapi karena gak enak ama tetangga klo gak ikut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s