Keluarga yang Selalu Ada

Manakah yang lebih kita inginkan? Berada di tempat impian (misal: Eropa) namun sendiri. Atau berada di tempat asal (misal: Jakarta) namun ditemani keluarga? Mana yang mau dipilih?

Kebanyakan kita berpikir hidup di negara asing (atau negara impian deh, dalam hal ini saya sebut Eropa karena saya terpesona dengan Eropa), adalah sesuatu yang sangat mengasyikkan. Semua serba teratur. Arsitektur indah. Makanan lezat (oh ya? Benarkah?) Kehidupan yang lebih baik. Tak macet. Barang-barang berkualitas tinggi. Begitupun dengan pemikiran: bisa diskusi filsafat.

Saya baru saja tiba dari satu perjalanan. Terbang melintasi ribuan kilometer selama kurang/lebih 6 jam perjalanan. Sebelum saya bercerita mengenai perjalanan ini, saya ingin cerita bagaimana keluarga saya yang selama ini selalu ada memberikan dukungan.

Hal yang bisa membuat berpikir ulang akan pertanyaan di atas.

Seperti yang sudah pernah saya tulis sebelumnya, bahwa kondisi kita yang ada sekarang ini takkan bisa tercapai apabila kita tak memiliki sistem pendukung yang memadai. Kita takkan bisa naik kendaraan umum (transportasi publik) bila tidak memiliki sistem transportasi publik yang bisa diandalkan dan nyaman. Kita takkan bisa berprestasi sejauh ini apabila tak ada keluarga yang memberikan dukungan.

Saya sungguh bersyukur memiliki keluarga yang selalu ada dan saling memberikan dukungan. Atau ini sebenarnya merupakan nilai-nilai budaya timur yang kuat? Kekeluargaan, komunal, kerja kelompok, kerja sama, dst. Sementara barangkali nilai budaya barat lebih individualis, persaingan, mandiri, dst. Kalau kerja keras, masuk budaya mana? Barat atau timur?😀

OK, malam sudah larut. Saya perlu mandi dan tidur. Saya juga masih harus menyiapkan materi presentasi saya untuk akhir pekan ini. Yeay, sudah pergi jauh ternyata belum menyiapkan materi presentasi. Piye iki?

Sekali lagi saya ingin ucapkan terima kasih kepada keluarga saya.

2 pemikiran pada “Keluarga yang Selalu Ada

Tinggalkan Balasan

