Catatan 3 Taiwan: Melengkapi Persyaratan Visa Taiwan

Dengan bekerja di perusahaan kecil, prosedur internal izin untuk berangkat relatif mudah. Yang perlu saya lakukan adalah menyelesaikan pekerjaan sebelum saya pergi (ada laporan yang harus saya tandatangani H-1 keberangkatan!), mendelegasikan pekerjaan selama saya pergi, dan saat pulang kembali mengejar ketinggalan pekerjaan.

Lalu? Tak ada kerjasama dengan pihak travel. Ini berarti saya harus mengurus sendiri semua persyaratan visa hingga kemudian membeli tiket pesawat daaaan menukar uang ke NTD$.

Terkesan mudah? Masak sih.

Di sela-sela kesibukan pekerjaan saya jadi harus mengatur waktu betul-betul. Kapan bisa mengisi form visa Taiwan, kapan harus melengkapi persyaratan visa, kapan perlu mengembalikan form visa, dst, dst, dst.

Mengisi form visa ini gampang-gampang susah. Memang kita takkan diminta menurunkan rumus PDE (Partial Differential Equation) di form visa ini, tapi ya memerlukan ketelitian dan kecermatan dalam mengisi setiap field pada form ini. Instruksi dalam form kalau dibaca sungguh-sungguh sebenarnya sudah sangat jelas.

Form visa Taiwan dibedakan berdasarkan tipe kunjungan. Ada form untuk TKI, pelajar, dan kunjungan bisnis (singkat). Karena kunjungan saya untuk menghadiri konferensi, kunjungan saya termasuk kunjungan bisnis (singkat). Form dilengkapi melalui aplikasi web lalu kita tinggal datang ke konsulat Taiwan dengan menulis ID form aplikasi web yang sudah di-submit.

Data yang sifatnya harus akurat, layaknya nomor paspor, tanggal lahir, estimasi waktu kedatangan, waktu kepergian, alamat selama di sana, dan bahkan ditanya juga ROC Taiwan ID number kontak kita selama di sana.

Sekarang saya baru mengerti, mengapa banyak petuah bijak mengatakan bagusnya bepergian. Oh ya, saat menulis tulisan ini, saya kembali dihadapkan dengan membaca form yang perlu saya isi untuk kepergian berikutnya.

Tinggalkan Balasan

