Lakukan untuk Diri Sendiri

Kemarin, saya bertemu dengan teman saya. Ia berasal dari Korea Selatan. Awalnya kami sepakat untuk bertemu hari Rabu sore. Tapi saya menyadari bahwa di hari Kamis saya ada rapat penting di pagi hari, sehingga saya putuskan untuk membatalkan pertemuan di Rabu sore.

Saya menunggunya kurang lebih selama 20 menit. Dan ia berujar, “You’re the only person I met which waited for me”. Lalu saya cerita, bagaimana saya selalu berusaha untuk tiba di rapat 10-15 menit sebelum acara.

Memang acara rapat lebih sering ngaret. Tertulis di undangan pukul 10.00 tapi baru mulai 10.30 Malah seringkali kita sengaja menulis undangan pukul 9.00 agar nanti mulai pukul 9.30 Lalu dari mana mengurai benang kusut ini?

Saya sadar perubahan takkan mudah terjadi dan tentu tidak dalam waktu singkat. Tapi perlahan saya berusaha membuat perubahan itu. Kopdar Python Indonesia, contohnya. Aktivitas yang tingkatnya hanya level komunitas, selalu saya usahakan untuk mulai tepat waktu. Dong! The show must go on! Biarpun yang hadir masih sedikit, kita harus mulai terbiasa tepat waktu.

Dengan hadir 10-15 menit lebih awal sebelum acara, itu sebenarnya untuk apa? Apakah untuk menunjukkan ke client bahwa kita seseorang yang bisa dipercaya dan bisa memberikan yang terbaik? Itu boleh dan tak salah.

Tapi sebenarnya yang lebih penting adalah kita melakukan hal ini untuk diri kita sendiri. Bukan untuk orang lain. Bukan untuk mengharapkan pujian. Bahkan juga bukan untuk menghindari hukuman dari kantor.

Dengan hadir lebih awal, kita bisa lebih tenang. Membaca kembali materi presentasi yang ingin disampaikan. Bisa cuci tangan/cuci muka/pipis dulu ke toilet. Dan bingo! Saat waktu rapat, kita sudah siap dengan komputer/proyektor, dst. So, we do it for ourselves.

Baru, efek untuk orang lain akan hadir belakangan…

4 pemikiran pada “Lakukan untuk Diri Sendiri

  1. Kalau di sini ga bisa telat. Well, bisa sih kalo mau, tapi akhirnya kita sendiri yang rugi. Ketinggalan acara, ketinggalan materi di kelas, ketinggalan bis. Semua jalan sesuai jadwal, ga ada yang nungguin kita, atau nungguin banyak orang dateng 😜

Tinggalkan Balasan

