Menjernihkan Pikiran

Saya bekerja pada dunia kerja yang tak menuntut kehadiran 8 jam sehari dan ketepatan waktu masuk/pulang. Dengan logika ini, bagi saya awalnya agak sulit memahami pekerjaan yang menuntut ketepatan waktu masuk/pulang dan durasi kerja. Maka, saat briefing satpam di rumah, saya cenderung diam. Dunia kerja saya begitu berbeda dengan mereka.

Namun biar bagaimana juga, saya dituntut membereskan pekerjaan. Dan tentu saya perlu hadir tepat waktu saat rapat.

Dengan dunia kerja seperti ini, saya dituntut untuk memiliki kejernihan pikiran. Nah, sayangnya kemampuan konsentrasi manusia itu terbatas. Bisa konsentrasi 3 jam saja sudah bagus sekali.

Saya perlu melakukan sesuatu yang lain untuk bisa menjernihkan pikiran. Beberapa yang pernah saya lakukan adalah: pergi ke tempat yang baru, bekerja dari tempat baru (bukan dari kantor), mendengarkan musik (ini cenderung biasa ya?), bertemu teman lama untuk mengobrol-ngobrol, bertemu orang baru, nonton film di bioskop untuk mencari inspirasi, dan membuka situs luar negeri dan mempelajari bagaimana mereka memecahkan masalah.

Kalau kamu gimana?

Tinggalkan Balasan

