Kurva Belajar Berantakan

Saat ini ada banyak hal yang harus saya selesaikan. Pikiran saya selalu dihantui hal-hal apa saja yang perlu saya kerjakan.

Saya tahu, perencanaan yang baik akan membuat segala sesuatu lebih baik, tapi kali ini saya tinggalkan menyusun rencana ini. Mengapa? Karena hal yang perlu saya lakukan terlalu banyak dan waktu yang tersedia terlalu terbatas. Dan menyusun rencana yang baik akan memakan waktu 1/2 dari waktu yang tersedia.

Jadi, pendekatan yang saya pilih adalah lakukan sekarang dan sedikit demi sedikit. Memang, hasil akhirnya bisa tercapai namun tidak efisien dan efektif. Seperti hal yang saya lakukan barusan di bank. Seharusnya saya bisa lakukan secara online tapi karena saya tak sempat berpikir jernih dan membaca dengan seksama, saya perlu meluangkan waktu untuk datang langsung ke bank.

Ini lah perbedaan dunia nyata dan teori. Dalam teori, rencana yang baik mendatangkan hasil akhir optimal dengan efektif dan efisien. Dalam dunia nyata, perubahan di luar rencana selalu terjadi dan yang penting hasil akhir tercapai walaupun tidak efisien dan tidak efektif.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s