Cerita Taiwan 7: Hold on Hand Rails

Saat pergi di dalam kota Taipei, saya menggunakan Metro. Bukan, bukan Metromini yang ada di Jakarta. Semoga tidak lama lagi Jakarta akan memiliki Metro MRT.

Berikut beberapa detail yang bisa saya ceritakan dari stasiun Metro di Taipei.

Pertama, anjuran untuk selalu berpegangan pada pegangan tangga/eskalator. Anjuran ini bertujuan keselamatan. Bahkan dalam pengumuman disebutkan bahwa pegangan ini disterilisasi setiap hari! Jadi bagi mereka yang ragu dengan kebersihan pegangan, bisa yakin untuk berpegangan. Wow, sudah sampai segitunya.

Kedua, iklan cara batuk yang benar. Lagi-lagi masalah kesehatan. Dalam iklan publik di dalam stasiun Metro, diilustrasikan bagaimana seorang bapak yang batuk lalu menutup batuk dengan tangan. Lalu bapak ini pulang ke rumah, bersalaman dengan sang anak, lalu menggendongnya. Tangan bapak yang sudah terkontaminasi batuk akan ikut terbawa ke anak.

Dalam iklan diilustrasikan bahwa batuk sebaiknya ditutup dengan lengan, bukan dengan tangan.

Ketiga, pengaturan lalu lintas manusia di dalam stasiun. Jika ada stasiun metro terbesar yang pernah saya kunjungi, itu berarti Taipei Main Station. Pada beberapa titik pertemuan, bahkan saya lihat ada tulisan yang terjemahan bebasnya seperti ini: Jika lalu lintas manusia terlalu sibuk, maka akan diberlakukan pembatasan.

Yay.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s