Sepuluh Ribu

Malcolm Gladwell dalam buku Outlier menulis bahwa salah satu kunci cara menjadi pakar dalam satu bidang adalah dengan melakukan hal tersebut selama 10.000 jam (sepuluh ribu jam). Lalu saya jadi berpikir banyak hal soal 10.000 ini. Hal apakah yang sudah saya lakukan selama 10.000 kali? Saya sederhanakan saja menjadi frekuensi bukan durasi.

Jangan-jangan hal yang sudah saya lampaui 10.000 kali (atau jam) adalah tidur. Apalagi di musim dingin pertama yang saya alami ini. Selama tiga minggu saya bisa tidur pukul 9 malam dan baru mulai beraktivitas di pagi hari pukul 9. Belum lagi jika saya ikut tidur siang menemani Zaidan.

OK, pilihan pertama 10.000 ada di tidur. Lalu apa?

Menulis? Ah enggak juga. Tulisan saya baru 1400-an. Jika saya konsisten menulis di blog ini satu tulisan setiap hari, maka perlu waktu … (sebentar ngitung dulu) Satu tahun baru akan ada 365 tulisan. Berarti perlu waktu kurang/lebih 30 tahun agar jadi 10.000 tulisan. Tulisan di blog ini pun tulisan yang bisa dikatakan tulisan spontan. Lebih banyak “sampah”-nya kali bagi orang lain untuk membaca tulisan saya. Hmm… tapi toh tujuan tulisan saya di blog ini adalah untuk saya sendiri.

Apa lagi? Foto? Foto dengan kamera digital/smartphone memang jadi mudah. Tapi apa iya sudah 10.000 foto yang saya unggah? OK, apakah ada 10.000 foto di komputer/smarphone yang belum di-upload?

Apa lagi? Waktu untuk keluarga? Paling sehari saya hanya bisa mengalokasikan waktu untuk keluarga maksimal 4 jam. Waktu tidak tidur lainnya saya gunakan untuk keperluan pribadi. Perlu berapa hari untuk mencapai 10.000 jam?

Membaca? Sudah ada gitu 10.000 judul buku yang saya baca?

Olahraga? Di aplikasi Nike+, baru ada 10 lari yang tercatat. Itu pun belum ada yang mencapai 10 km. Berenang? Wah apa lagi. Bisa 4-6 bulan sekali saya baru berenang.

Kalau makan, nah soal ini baru bisa jadi sudah lewat 10.000 kali. Termasuk ngemil. Tapi apa iya makan yang mau dibanggakan?

Tinggalkan Balasan

