Mencoba Memasak Bubur Ayam

Melanjutkan keinginan saya belajar memasak, pada suatu waktu saya putuskan untuk mencoba memasak bubur ayam. Sebenarnya saat itu ada 2 pilihan. Masak nasi goreng dengan membuat bumbu sendiri yaitu dengan mengulek sambel sendiri atau bubur ayam. Akhirnya saya putuskan bubur ayam.

Bubur ayam dengan risol adalah salah satu makanan yang saya kangeni.

Baiklah, perjalanan panjang dimulai dari satu langkah pertama. Bahan-bahan belum ada semua. Ayam gak ada, risol gak ada, kuah apalagi. Untung ada kaldu ayam kotak. Mari kita buat buburnya saja dulu. Nanti kalau kurang berasa bisa tambah garam, merica, kecap, dan masih ada kerupuk sang senjata rahasia. Hehehe…

Saya putuskan menggunakan panci kecil yang biasa digunakan untuk merebus indomie. Jika biasanya saya menanak nasi sebanyak 2 cup maka untuk bubur ini saya putuskan 1 cup saja.

Pendek cerita ternyata saya memasukkan beras terlalu banyak di dalam panci yang terlalu kecil. Akibatnya saya perlu berulang kali menambahkan air untuk membuat nasi menjadi bubur. Efek samping lainnya adalah panci menjadi gosong karena nasi yang kering di dasar panci.

Satu cup beras juga terlalu banyak untuk dijadikan bubur. Pelajaran yang bisa diambil adalah jangan terlalu banyak porsi berasnya jika masih tahap belajar memasak bubur.

3 pemikiran pada “Mencoba Memasak Bubur Ayam

  1. tergantung jenis berasnya juga mas. saat di afrika saya masak bubur juga. selalu aja airnya habis. dan ternyata memang jenis berasnya itu adalah yang parboiled, dia menyerap air sebanyak apapun itu. berbeda dengan beras yang biasa dipakai di rumah. saya masak juga satu cup, tapi airnya lebih dari 1 L. hahaha.

      1. saya juga baru tahu mas. Waktu itu lagi gak enak badan. jadi mau makannya bubur. eh tapi setiap masak gitu terus sampai abis 1 liter air.😀

Tinggalkan Balasan

