Orang Proyek – Ahmad Tohari

Satu buku yang saya bawa dari Indonesia adalah satu novel karya Ahmad Tohari, Orang Proyek. Saya coba menuliskan apa yang saya ingat dari membaca buku ini.

Saya membutuhkan waktu yang lama untuk selesai membaca novel ini. Bukan, bukan karena novel ini tebal. Saya pilih membawa buku ini karena ukurannya yang tipis. Saya lama membaca buku ini karena saya tak cukup pandai meluangkan waktu untuk membaca.

Buku ini bercerita tentang seorang insinyur muda yang mengerjakan proyek. Lebih tepatnya seorang insinyur sipil yang mengerjakan proyek konstruksi jembatan di kota kecil di Jawa.

Waktu novel ini adalah zaman orde baru. GOLKAR disamarkan menjadi GLM. Ahmad Tohari bercerita bagaimana GLM menggerogoti keuangan desa, dengan meminta sumbangan.

Termasuk dari proyek yang dipimpin insinyur sipil muda ini.

Nilai-nilai yang diceritakan dalam buku ini patut diingat kembali. Tentang keserakahan, kesederhanaan, integritas, dan kejujuran.

Novel ini merupakan novel kedua Ahmad Tohari yang saya baca, setelah pertama yang saya baca adalah trilogi Ronggeng Dukuh Paruk.

Tinggalkan Balasan

