Pekerjaan Rumah

Pekerjaan rumah yang saya maksud dalam tulisan ini bukan pekerjaan rumah yang berasal dari sekolah. Pekerjaan rumah yang saya maksud adalah pekerjaan rumah tangga. Hal-hal yang ada di dalam rumah tangga.

Jika pekerjaan di kantor, atau pekerjaan kantor untuk mereka yang tidak berkantor, ada waktu mulai dan waktu selesai, tidak demikian dengan pekerjaan rumah tangga. Pekerjaan rumah tangga tidak ada selesainya. Mulai dari pagi hingga kembali pagi lagi.

Mau coba bangun larut malam dan bangun lebih pagi dari waktu anak tidur? Patut dicoba, walau tidak pernah mudah.

Jika di kalangan perempuan, pembahasan mana yang lebih berat antara perempuan bekerja dengan perempuan di rumah, sudah lebih panjang, pembahasan bagi laki bekerja dan laki di rumah tidak terlalu lazim karena nilai di masyarakat pencari nafkah adalah laki-laki.

Dengan kondisi saya sekarang, saya kembali tersadar bahwa pekerjaan rumah lebih berat daripada pekerjaan kantor. Tak ada garis finish. Saat di Indonesia dulu, dengan kondisi tanpa pembantu, saya suka bangun lebih pagi dan berusaha menyelesaikan pekerjaan rumah apa yang saya bisa saya selesaikan sebelum berjibaku menembus kemacetan Jakarta.

Bermain dengan anak juga satu hal yang tak mudah. Solusi yang paling mudah adalah dengan menyalakan TV atau memberikan anak gadget. Saya sendiri bukan tak pernah membiarkan anak saya menonton TV dan bermain dengan gadget, namun sebisa mungkin kami, saya dan istri, berusaha mengurangi kedua aktivitas ini.

Tadi sore, saya bermain lompat-lompat di atas kasur, sambil menirukan gaya The Wiggles. Kemarin sore, cuaca cerah, sehingga saya mengajak Zaidan berputar naik sepeda di sekitar rumah.

Tinggalkan Balasan

