Pengantar di Buku Berenang

Saat akhir pekan kemarin, saya dan Zaidan kembali ke perpustakaan. Padahal, awalnya saya mengajak Zaidan ke IKEA di dekat rumah. IKEA hanya berjarak 10 menit dengan sepeda. Saya ingin mengajak Zaidan bermain di area bermain IKEA. Eh tapi ternyata Zaidan tidak mau. Ia lebih memilih pergi ke perpustakaan.

Rak buku di perpustakaan ini selalu berganti. Buku yang dipajang di rak selalu berganti sesuai dengan tema. Dan tema akhir pekan kemarin adalah soal berenang.

Dalam belajar berenang, saya tak pernah membaca buku teori dengan baik. Saya hanya ikut les di waktu kecil, dilatih oleh pelatih, berenang seminggu dua kali. Ikut lomba jarang sekali.

Buku renang ini ditulis oleh seorang perenang profesional, malah seorang Olympians. Atau malah seorang Gold Medalist(?). Ia menuliskan, dalam berolahraga kita perlu menentukan tujuan jangka panjang. Apa yang ingin kita raih dengan olahraga ini.

Olahraga baru akan berefek baik saat ia dilakukan dengan rutin dan dalam jangka waktu panjang. Ia sempat membandingkan olahraga renang dengan jalan/lari/sepeda. Dan ia menjelaskan apa saja kelebihan olahraga berenang.

Satu hal yang menarik dalam pengantar ini adalah bagaimana olahraga itu perlu dinikmati dan disukai. Akan sulit bagi kita melakukan sesuatu yang tak kita sukai dan nikmati. Sukai, nikmati, konsisten, dan determinasi.

Ngomong-ngomong, Minggu kemarin, saya baru saja naik sepeda 25 km saya pertama kali menuju kota Melbourne. Dan sore-nya ditutup dengan menyaksikan AFC Asian Cup Saudi Arabia vs Uzbekistan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s