Tidak Sempat Menulis Bagus

Sudah lama saya tak menulis tulisan yang bagus. Tulisan yang bagus adalah tulisan yang layak baca. Layak dimuat di media cetak. Dengan kehadiran media online, kualitas informasi yang ada benar-benar acak. Siapapun bisa menulis apapun.

Berbeda dengan media cetak. Ongkos cetak, ongkos distribusi, ongkos tulisan. Dan seperti sudah seringkali saya sampaikan, tulisan saya di blog ini lebih merupakan tulisan spontan. Tulisan sekali jadi. Sekali tulis. Sebenarnya ada keinginan untuk menulis tulisan yang layak cetak. Banyak peristiwa menarik yang ingin saya bagi. Salah satunya adalah pemain organ punch card yang kami jumpai Sabtu kemarin saat berkunjung ke Puffing Billy Railway.

Saat menunggu jadwal kereta berangkat, di dalam platform (atau peron), ada seorang musisi bermain alat musik dengan memutar tuas. Dari perawakannya ia sudah tak lagi muda. Ramah, menyapa para pengunjung Puffing Billy, ia memainkan alat musik yang belakangan saya baru tahu namanya adalah “barrel organ”.

John Wolff

Layaknya membuka percakapan pada turis, ia bertanya “Where are you from?”. Saya jawab singkat, “Indonesia”. “Oh which part?”, ia melanjutkan pertanyaan. “Wah,” dalam hati saya berujar, “ia tahu juga Indonesia ada di mana”. “Jakarta”, jawab saya singkat. “I’ve been there to Jakarta, like 30 years ago”, lanjutnya. Karena penasaran bagaimana alat musik ini dimainkan, saya melihat seperti ada punch card. Bagi yang tidak tahu apa itu punch card, punch card adalah kertas yang dilubang-lubangi untuk memrogram komputer. Saya sendiri belum pernah memprogram menggunakan punch card. Saya hanya tahu dari cerita-cerita dosen saat kuliah dulu. Sebenarnya saya sendiri juga belum pernah melihat seperti apa penampakan punch card. Jadi, jangan-jangan saya juga salah.

Punch Card Powered Organ

Di akhir percakapan, ia memberikan kami satu flyer brosur yang berisi informasi singkat mengenai alat musik barrel organ ini. Lebih lanjut mengenai barrel organ, silakan mengunjungi tautan berikut johnwolff.id.au.

Satu pemikiran pada “Tidak Sempat Menulis Bagus

Tinggalkan Balasan

