Berkenalan dengan Salah Satu Penulis Buku Anak Australia

Pada suatu waktu, saat mengambil brosur SLV, saya membaca artikel yang bercerita mengenai salah satu penulis buku anak paling populer di Australia. Ia adalah Andy Griffiths. Brosur SLV ini merupakan brosur lama. Belakangan, ternyata ia hadir kembali dalam acara buku anak-anak di SLV tahun ini.

Karena penasaran, seperti apa buku karya Andy Griffiths ini, saya coba cari bukunya di perpustakaan lokal. Saya pinjam beberapa buku. Buku teranyar tidak saya dapatkan. Ternyata buku-buku Andy Griffiths, konyol-konyol.

Secara budaya, bisa jadi belum tentu bisa diterima oleh pembaca buku anak-anak di Indonesia. Masalah perbedaan nilai-nilai.

Ya, beda gaya bercanda lah. Andy menulis dengan gaya rhyme. Misal dari nama-nama. Ted, Ed. They lived in the shed. Frog, dog.

Ilustrator buku-buku Andy Griffiths tak kalah konyol. Ilustratornya adalah Terry Denton.

Satu yang paling konyol adalah ada seorang anak yang menunggu bis. Ia menoleh ke kanan, bis tak ada. Menoleh ke kiri, bis tak kunjung datang. Tiba-tiba, bis datang dari atas, dan menimpa anak ini.

Ilustrasi bis ini, saya ceritakan ulang ke Zaidan. Awalnya Zaidan tak terlalu mengerti. Kok bis bisa datang dari atas. Ya, memang buat lucu-lucu-an saja sih.

Biar bagaimana, saya mengakui kreativitas Andy Griffiths untuk ide cerita dan gaya penulisannya. Tak terlewat ilustrasi kocak Terry Denton.

Tinggalkan Balasan

