Menonton Emak Naik Haji di Perantauan

Semalam saya menonton film Emak Ingin Naik Haji. Setelah film berjalan beberapa menit, saya baru tersadar bahwa saya sudah menonton film ini. Akhirnya, saya melanjutkan nonton film ini sampai selesai. 

Menonton film ini saat di Australia kembali menyadarkan saya akan akar dari mana saya berasal. Kehidupan sosial Indonesia tentu berbeda sekali dengan di Melbourne. 

Rumah di Melbourne begitu teratur. Berbeda dengan rumah Emak dan Pak Haji. Emak tinggal di gubuk di dekat komplek rumah Pak Haji. Lalu ada gang. Di Melbourne rasanya tidak ada gang perumahan. 

Satu kritikan saya akan film ini adalah usaha “instan” yang ditampilkan saat Zain memenangkan undian naik haji. Memang Zain sudah digambarkan bekerja keras untuk membuat lukisannya laku. 

Terakhir, jangan lupa selalu bersyukur atas segala nikmat yang diberikan. Dan jangan lupa selalu menyisihkan untuk orang lain.

Satu pemikiran pada “Menonton Emak Naik Haji di Perantauan

Tinggalkan Balasan

