Tentang Australia

Yang saya ingat kali pertama dari Australia adalah soal yang pasti keluar saat ujian NEM SD. Pertanyaan yang mungkin muncul adalah pertanyaan peta yang menanyakan lokasi salah satu ibukota negara bagian Australia. Atau nama dari negara bagian.

Itu saja, tidak lebih dan tidak kurang.

Selebihnya, saat bertambahnya usia, yang saya tahu Australia adalah negara yang menjadi benua terbesar. Australia adalah negara “bule”, sebutan paling gampang bagi orang Indonesia untuk menunjukkan bahwa seseorang adalah orang asing, bukan orang Indonesia.

Siapa sangka, sekarang saya berada di negara ini. Sudah hampir satu tahun malah.

Termotivasi oleh kisah perjalanan Agustinus Wibowo, sesampainya di sini, saya mencoba menyempatkan membaca buku-buku mengenai Australia. Sejarah awal, sejarah kota-kota: Sydney, Melbourne, dll.

Ternyata, Australia sekarang adalah negara yang relatif muda. European settlement baru dimulai tahun 1834 di Melbourne. Di Sydney bisa jadi lebih awal, tapi itu pun paling 1700-an.

Bandingkan dengan Indonesia, Borobudur dibangun abad 14(?), Sumpah Palapa, lalu era Kerajaan Sriwijaya, Majapahit, dst. Kalau Australia dulu ada yang mengatakan sudah lebih dulu dari peradaban China.

Baca, Australia sekarang: Australia setelah pendudukan Eropa. Australia dulu: Australia sebelum pendudukan Eropa.

Lalu saya juga melihat bagaimana kisah perang mengubah wajah suatu negara. Biarpun Perang Dunia I dan II bukanlah perang milik Australia, tapi sebagai negara yang “lahir” dari Inggris, PD I/II turut banyak menentukan wajah negara ini.

Setelah di sini hampir satu tahun, saya baru tahu bahwa Australia sekarang merupakan negara yang multikultural. Begitu banyak keragaman budaya di sini, walau tentu yang paling dominan adalah Inggris.

Usai PD II, banyak orang Italia dan Yunani yang bermigrasi ke sini. Lalu di era 70-an, giliran orang Vietnam. Hal ini dilatarbelakangi perang Vietnam. Dan di tahun 90-an, giliran negara Eropa timur. Di tahun 2000-an, giliran orang-orang Afghanistan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s