Perjalanan

Akhirnya, kembali selesai salah satu perjalanan. Kali ini kami pergi 1600 km lebih ke utara. Siapa sangka, dengan jarak segitu, udara jauh lebih hangat dan tak seberangin di Melbourne.

Dan secara tak sengaja, saya menulis ini dalam salah satu foto di Instagram saya.

Kehidupan seorang manusia di bumi layaknya jejak sepatu di pasir pantai.

Lalu, apakah hakikat dari perjalanan? Apakah sebatas untuk menunjukkan ke orang-orang lain bahwa kita bisa pergi ke tempat baru yang orang lain tak bisa kunjungi? Pamer? Seringkali kita lupa, bahwa akan selalu ada langit di atas langit. Akan sangat sia-sia jika suatu perjalanan hanya berhenti di titik itu.

Saya coba ingat-ingat, cerita seru apa saja yang saya alami dari perjalanan kali ini. Oh ya, saya pernah baca entah di mana, bahwa perjalanan dengan anak-anak, termasuk perjalanan yang akan memberikan kesan mendalam.

Dan, ternyata salah satu cerita itu datang dari pengalaman Zaidan membeli mainan balon.

Saat melewati kawasan pejalan kaki di King George Square, Brisbane, Zaidan sudah lama melihat ada seorang asongan yang menjual balon dengan beragam bentuk. Ia merupakan pandai balon. Ia bisa membuat balon menjadi berbagai macam bentuk.

Akhirnya, saya putuskan untuk membelikan Zaidan mainan balon, asalkan ia bilang sendiri ke penjualnya, menanyakan harga, dan memberikan uang-nya sekalian. Zaidan pun berani. Kami pun mendekat ke sang pandai balon ini.

Semua informasi ternyata sudah tertulis jelas. Balon dengan titik biru, dipasang harga $8-10. Balon dengan titik kuning $6-8. Balon dengan titik merah $4-6. Silakan masukkan uang ke dalam kaleng, dan ambil kembalian juga dari kaleng itu. Just please help yourself with the change, begitu ujarnya saat salah seorang pembeli memasukkan uang ke dalam kaleng.

Lalu ada satu tulisan yang menggugah.

If you think life is unfair, just put whatever money you want

Dan satu sore di Brisbane pun berakhir dengan balon Spiderman di tangan Zaidan…

Satu pemikiran pada “Perjalanan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s