Tentang Iman

Iman yang saya maksud di sini bukanlah Iman Sulaiman. Bukan Iman nama orang. Dan kebetulan Iman Sulaiman adalah nama salah seorang teman saya saat kuliah.

Iman yang saya maksud di sini adalah Faith. Kepercayaan. Iman.

Saat berada di Indonesia, dengan kondisi mayoritas penduduknya beragama (dengan mayoritas pemeluk agama Islam), Iman seringkali bukan sesuatu hal yang sering ditanyakan. Iman saya lihat sebagai sesuatu yang given. Diberi, tanpa tanda tanya.

Mengapa kamu beragama? Mengapa kamu beragama Islam? Mengapa kamu melaksanakan sholat? Puasa? Dan saya pun mendapatkan pertanyaan yang jarang ditanyakan jika saya di Indonesia. When did you become a Muslim?.

Iman bagi saya adalah sesuatu yang sangat privat. Sesuatu yang berada jauh sekali di dalam hati. Dan kondisi Iman seseorang (termasuk saya) itu sangat fluktuatif. Kalau tak salah memang disebutkan bahwa Iman seseorang itu naik-turun.

Iman adalah sesuatu yang perlu dicari sendiri. Jika meminjam bahasa Paulo Coelho dalam buku Alchemis, ibarat mencari Legenda Pribadi. Orang lain hanya sebatas bisa membantu.

Nah, dengan kondisi Australia yang begitu beragam, menjelaskan konsep Iman ini tak semudah menjelaskan kepada orang-orang beragama di Indonesia. Bagaimana menjelaskan konsep Iman kepada orang yang tak beragama? Saat sains bisa menjawab hampir semua pertanyaan.

Nah, ini bagi saya ini termasuk bagian pencarian Iman…

Satu pemikiran pada “Tentang Iman

  1. Pengertian lain dari iman adalah percaya.
    Berlaku juga bagi banyak orang walaupun ateis sekalipun untuk memahami ini.

    Sama halnya contoh kasus sederhana ketika kita sudah belajar / berusaha keras, maka kita “percaya” akan mendapat hasil yang baik.

Tinggalkan Balasan

