Teknologi Digital Membunuh Kreativitas?

Dengan kehadiran smartphone yang begitu umum, kreativitas justru mati?

Lihat saja, betapa kita begitu kecanduan membuka media sosial. Otak dijejali dengan informasi. Terus-menerus. Berapa banyak waktu yang kita habiskan menatap layar smartphone?

Dengan kehadiran smartphone, kita tak lagi menulis di atas kertas. Tak lagi merasakan tekstur kertas, pensil/pulpen yang berwarna-warni, tak lagi menggerakkan tangan.

Kita pun tak lagi menggambar. Kita lebih suka memfoto menggunakan smartphone lalu mengupload-nya. Kapan terakhir kita menggambar? Kapan terakhir kita mewarnai?

Semua ini terpicu, saat kemarin saya menemani Zaidan. Karena saya tak ingin Zaidan terus-terusan menonton TV/iPad dan teknologi lainnya, saya memutar otak.

Beberapa minggu lalu, saya meminjam buku soal pensil dari perpustakaan.. Aktivitas kreatif apa saja yang bisa dilakukan dengan pensil. Aktivitas ini memang sederhana, misal: pergi ke luar rumah dengan membawa kertas dan pensil, lalu menggambar apa yang ditemui di taman. Atau menggambar diri sendiri dengan kertas besar yang seukuran badan kita.

Aktivitas-aktivitas sederhana inilah yang saya lihat ditanamkan di TK Zaidan. Tak ada mainan canggih. Tak harus barang baru. Semua dari ide sederhana saja.

Saya bukan yang apatis terhadap perkembangan teknologi, hanya saja saya merasa perlu lebih kreatif.

Toh, kreatif dengan teknologi tetap bisa dilakukan seharusnya.

Satu pemikiran pada “Teknologi Digital Membunuh Kreativitas?

  1. betuuul. saya merasa isi kepala saya juga mulai digerus kemudahan teknologi. semoga belum sampai parah dan saya bisa buru-buru bangun self defense

Tinggalkan Balasan

