Perbedaan Generasi

Dalam perjalanan kemarin, saya sempatkan membaca buku yang sudah lama saya beli, “Are you smart enough to work at Google?”.

Microsoft berdiri satu dekade sebelum Google. Kondisi bidang ilmu rekayasa perangkat lunak (software engineering) tentu banyak berbeda dalam rentang tahun ini. Sang penulis mengambil contoh, bagaimana Microsoft Word menggunakan pendekatan tabel untuk mendeteksi kesalahan struktur penulisan sementara Google menggunakan pendekatan statistik.

Pendekatan paling sederhana memang menggunakan tabel. Ini pun yang masih ada dalam pikiran saya. Wadhuh, berarti saya memang belum update. Hehehe… Sementara dengan pendekatan statistik , Google mengambil sebanyak mungkin sampel tulisan lalu menyimpulkan bagaimana kah struktur tulisan yang betul.

Sekarang saya lihat Google pun sudah mulai tertinggal dengan munculnya aplikasi-aplikasi inovatif baru. Sebut saja github, slack, facebook, twitter, instagram. Walau Google masih menjadi raja di dunia pencarian tapi rasanya tidak ada aplikasi baru yang dibuat oleh Google?

Tinggalkan Balasan

