Mogok Pekerja Kereta Melbourne

Siapa kira di kota se-mapan Melbourne, ternyata para pekerja kereta memutuskan mogok kerja. Seminggu sebelumnya para pekerja Tram telah lebih dulu memutuskan mogok.

Selama saya menggunakan transportasi publik Transjakarta, rasanya belum pernah dalam sehari, Transjakarta mogok kerja. Yang ada bis Transjakarta yang mogok, terbakar, as patah, dst. Jalur yang tidak steril, polisi yang naik ke dalam bis Transjakarta lalu marah-marah. Wah, rasanya drama selalu lebih lengkap di Jakarta.

Lantas mengapa mereka mogok? Ternyata tuntutan mereka bukan soal gaji. Ada yang menulis komentar di reddit berikut. Soal pengaturan shift kerja yang berubah. Jika sekarang mereka bekerja satu minggu shift pagi, lalu minggu berikutnya shift malam, maka dengan sistem baru, mereka akan diacak dan baru akan tahu shift kerja mereka dalam waktu yang singkat saja.

Lalu, jika dulu mereka mulai bekerja dan akhir bekerja di stasiun yang sama, maka dengan sistem jadwal yang baru, mereka bisa mulai bekerja dan akhir bekerja di stasiun yang berbeda. Misal sang masinis memulai bekerja dari Pakenham di pagi hari lalu berakhir di Werribee. Untuk mencapai Pakenham di pagi hari ia harus naik mobil, lalu saat pulang ia harus kembali ke Pakenham mengambil mobilnya dari Werribee.

Duh pusing kan?

Tapi mengapa harus sampai mengambil tindakan mogok? Bukankah publik yang dirugikan? Apalagi seperti saya yang tidak memiliki kendaraan pribadi selain sepeda.

Kalau hal ini terjadi di Jakarta, ojek sudah akan mendominasi di setiap stasiun deh :B

Satu pemikiran pada “Mogok Pekerja Kereta Melbourne

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s