Gagal Upgrade iOS 9

Alkisah, akhir pekan lalu saya memutuskan untuk upgrade ke iOS 9. Entah, mengapa akhirnya saya memutuskan untuk upgrade ke iOS 9. Sebelumnya, saya biarkan iOS di versi 7, tidak upgrade ke iOS 8.

Proses upgrade saya lakukan Jum’at malam. Sebelum tidur, saya periksa lagi, kok belum selesai-selesai. Bahkan HP sampai panas. Saat terbangun di pagi hari, HP sudah mati. Kehabisan baterai. Padahal sebelum tidur, baterai HP dalam kondisi penuh terisi.

Lalu saya colokkan ke charger. Dan… sampailah saya pada kondisi Slide to Upgrade screen yang tak bisa diapa-apakan. Awalnya saya kira, layar sentuh jadi tak responsif.

Hingga saya temukanlah URL itu. Dan parahnya lagi adalah, ternyata selama ini saya tak pernah membackup HP saya. Saya pun mencoba backup, mengikuti langkah-langkah yang ada di iTunes. Tak bisa. Coba lagi. Tak bisa. Ganti kabel. Tak bisa. Coba pinjam komputer istri, tak bisa. Saya coba backup HP istri saya. Eh kok langsung bisa, dan hanya memakan waktu kurang dari 5 menit.

Apakah ada kemungkinan HP saya jadi tak bisa dipakai? Rusak begitu saja? Saya pun terpaksa memundurkan jadwal belanja minggu-an saya dengan harapan masalah HP ini bisa selesai di pagi hari. Jika tak bisa saya perbaiki sendiri, saya malah berencana datang ke Apple Store terdekat yaitu di Chadstone.

Ya sudahlah, data biarlah hilang. Untungnya saya masih bisa menyalin foto dan video via linux. Saya coba restore. Ealah, kok masih minta Find My iPhone dinonaktifkan.

Pendek cerita, akhirnya restore bisa dilakukan. Dan saya pun serasa menggunakan HP baru, fresh dari box (ya iya lah, gara-gara di-restore). Tampilan iOS 9 lucu dan terasa lebih bersih (ya iyalah, kalau gak lebih bagus, awas aja!).

Dengan kejadian ini, saya jadi berlatih kalau-kalau saya kehilangan HP, bagaimana. Kalau meminjam istilah teknologi informasi, sudah harus siap dengan DRP (Disaster Recovery Plan).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s