Jalan Panjang Berenang

Kemarin Senin, saya mengantar Zaidan untuk pelajaran renang-nya kali pertama. Zaidan masuk ke kelas Penguin. Kelas pertama bagi mereka yang berusia di atas 3 tahun.

Tanpa saya sadari, ternyata kemampuan renang saya sekarang sudah melampaui jalan yang begitu panjang. Mulai dari belajar ambil nafas, meluncur, kaki, tangan, hingga saya bisa menguasai empat gaya berenang: dada, bebas, kupu-kupu dan punggung.

Satu yang belum saya bisa adalah salto saat berbalik arah.

Ternyata untuk menguasai sesuatu itu tidak lah instan. Saya dulu belajar renang seminggu dua kali. Setiap sesi bisa dua hingga dua setengah jam. Setelah latihan renang, yang saya ingat adalah haus, perut lapar, dan lelah.

Saya bisa tidur mulai pukul 19.30 dan baru bangun esok pagi untuk sekolah. Lalu, yang saya ingat lagi adalah usai renang, jajan somay. Somay di kolam renang ini begitu enak. Sang abang malah royal sekali memberikan bumbu somay.

Nah, semoga sekarang Zaidan bisa konsisten belajar renang…

Tinggalkan Balasan

