Passion

Wah, sudah lama tidak menulis yang sedikit dalam. Beberapa tulisan ke belakang lebih banyak cerita atau mengeluh.

Passion jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia menjadi gairah. Benar kan ya?

Saya lebih banyak tahu soal passion dari dunia barat. Apakah di dunia timur tidak ada passion? Ah rasanya ada juga kok. Coba nanti di lain kesempatan saya gali passion dari dunia timur. Aih, apakah zaman sekarang dunia masih perlu dibagi dua barat vs timur?

Orang yang memiliki passion, melakukan segala sesuatu lebih dari yang tampak dari permukaan. Ia melakukan sesuatu bukan untuk orang lain. Bukan untuk mengalahkan orang lain. Tidak berharap pujian, imbalan. Bukan sekadar untuk membunuh syarat. Bukan untuk mengejar jabatan. Bukan untuk mengejar nilai. Bukan untuk ajang membuktikan ke orang lain.

Ia melakukan sesuatu hanya untuk dirinya sendiri. Karena ia menikmati dan menyukai melakukan itu.

Wah, rasanya sudah lama sekali saya melakukan sesuatu dengan passion.

Tambahan: Berbicara soal passion, istri saya belum lama ini men-tag saya di Facebook soal artikel tulisan Endah. Patut dibaca tak ada jalan balik. Saya menyapa Endah saat bertemu di Salihara, “Salam dari Risa”.

Tinggalkan Balasan

