Detail vs Garis Besar

Dalam seminggu, saya suka mengingat-ingat apa yang sudah saya lakukan seminggu yang lalu. Refleksi, pendek cerita. Jadi saya tahu apa saja yang sudah saya lakukan seminggu ini.

Kegiatan refleksi saya lihat jadi suatu rutinitas yang diajarkan saat melihat kegiatan kinder Zaidan. Setiap ada kegiatan, selalu dilakukan refleksi. Disertai foto dan tulisan naratif.

Kalau dalam teori visualisasi, refleksi yang selama ini saya lakukan merupakan refleksi minggu-an. Ada kalanya, kita perlu melihat dari jarak yang lebih jauh. Misal naik ke skala bulan-an atau tahun-an.

Saya sendiri sebenarnya sudah membeli kalendar yang bisa diisi setiap hari. Sayangnya saya tak konsisten mengisi-nya. Saya berharap dengan melihat kalendar ini, saya bisa tahu, apa saja yang sudah saya lakukan selama di down under ini.

Walau sebenarnya saya jarang membaca kembali apa yang saya tulis. Termasuk tulisan-tulisan di blog ini.

Apa sekarang mulai perlu meluangkan waktu untuk membaca kembali selain waktu untuk membaca dan menulis?😉

Tinggalkan Balasan

