Orang-orang yang Berjasa

Saya terlambat sholat Jum’at kali ini karena pihak pengurus tiba-tiba memindahkan lokasi sholat Jum’at secara tiba-tiba. Jika biasanya dilakukan di sisi timur, kini pindah ke sisi barat. Saya harus berjalan kurang lebih 1.5 km.

Saya hanya bisa mendengar sedikit dari khutbah jum’at. Penceramah berpesan bahwa kita perlu berterima kasih kepada orang-orang di sekitar kita yang telah berjasa hingga kondisi kita sekarang ini. Orang tua, saudara, kakek, nenek, guru, dan banyak lagi.

Lalu saya mencoba mengingat-ingat, siapa saja yang telah berjasa “membentuk” saya selama ini. Mulai dari orang tua, kakak-kakak saya. Yang lainnya saya perlu usaha lebih kuat untuk mengingat-ingat.

Bagaimana ya saya mau berterima kasih kalau mengingat-ingat saja sulit. Guru SD. Berapa nama yang masih bisa saya sebut. Guru SMA. Saat melihat foto Pak Iskandar, guru PPKN saat SMA saja, saya jadi merasa terharu. Sudah hampir 15 tahun yang lalu saya diajar Pak Iskandar. Saya merasa banyak “berdosa” dengan guru-guru SMA. Perasaan saat SMA, saya main melulu.

Oh ya, sebelum pulang, saya bertanya ke ta’mir masjid. Sholat Jum’at minggu depan akan kembali diadakan di Monash Clayton Sports Hall.

Tinggalkan Balasan

