Buku Digital vs Konvensional

Beberapa malam lalu, sebelum tidur saya memutuskan untuk membaca buku. Bukan buku konvensional, tapi buku elektronik. Kali ini berupa file PDF yang saya baca dengan tablet. Memang PDF bukan lah format buku elektronik yang nyaman untuk dibaca, tapi yang saya suka dengan PDF adalah “bentuk” buku yang tetap terjaga.

Dengan membaca buku elektronik, lebih banyak aktivitas sampingan yang bisa dilakukan. Saya bisa sambil memilih-milih lagu apa yang mau saya dengarkan. Lalu sambil periksa notifikasi yang masuk. Waduh, malah terlalu banyak distraksi ini jadinya.

Buku konvensional bisa lebih cepat dibaca. Pindah dari satu halaman ke halaman lain dapat dengan cepat dan mudah dilakukan. Satu masalah terbesar dari buku konvensional adalah tidak praktis untuk dibawa-bawa. Ukurannya besar dan berat.

Lalu saya malah berpikir, apakah ada senter yang bisa mengerutkan buku konvensional menjadi kecil lalu membesarkannya lagi saat saya ingin membacanya.

Berbicara mengenai format elektronik, segala sesuatu menjadi tak terhindarkan. Memang menghadiri pertemuan langsung atau mengunjungi suatu tempat langsung tetap akan menjadi pengalaman yang tak tergantikan.

Karena ingin tahu apa yang sedang terjadi saat ini, saya membuka laman SLV: perpustakaan Victoria. Ternyata sebentar lagi akan ada perayaan 100 tahun Republik Irlandia. Saya tahu negara Irlandia. Yang saya tahu lokasinya dekat negara Inggris. Untuk persisnya, saya buka peta dulu.

Lalu, saya menemukan eksibisi elektronik yang apik. Silakan simak. https://dublinrising.withgoogle.com/welcome/.

Lengkap dengan suara/gambar/interaktif.

Tinggalkan Balasan

