Harmony Day

Harmony Day wrapped up this week!

Hari ini merupakan hari terakhir Zaidan sekolah untuk term 1 (caturwulan 1). Salah satu “nikmat” yang tak tergantikan selama di down under ini adalah kesempatan saya untuk meluangkan banyak waktu untuk Zaidan. Pergi ke sekolah hanya 10 menit jalan kaki, dan 5 menit naik sepeda.

Di hari Senin, saya turut hadir ke sekolah menyaksikan Cross Country: lomba lari mengitari halaman sekolah. Dengan sekolah yang besar dan murid yang sedikit, untuk lari tak perlu pergi ke stadium atletik. Saya masih ingat saat SMP, saya harus pergi ke stadium Velodrome untuk sekadar lari 400-800 meter.

Zaidan memang tak naik ke podium, namun saya sungguh bangga dengannya. Tak jauh dari garis start, tak lama setelah anak-anak mulai berlari, saya melihat satu sepatu tertinggal. Saat saya mendekat, “Oh no, this is my son’s shoe”. Dan akhirnya Zaidan pun meraih garis finish, dengan hanya satu sepatu. Ia langsung menghampiri Billy, “I lose one of my shoes”. “OK, go get it”, jawab Billy.

Belakangan, lalu ada lomba lari untuk orang tua. Karena saya ingin naik podium, jadi saya paksakan lari sekencang-kencangnya. Akibatnya, badan langsung pegal-pegal.

Di hari Selasa, ada multicultural lunch. Setiap orang tua dari anak-anak membawa makanan khas daerahnya. Hmm… yummy!

Di hari Rabu, saya membantu teman-teman mendemonstrasikan angklung.

Dan di Harmony Day, kami menyaksikan beragam pertunjukan: mulai dari Hungaria, Jepang, Nepal, Korea, Padang, dan juga Australia. Setiap anak diberikan kebebasan untuk mengenakan pakaian spesial. Kebanyakan mengenakan pakaian khas dari asalnya masing-masing.

Saat acara ditutup dengan lagu Toy Story, You’ve Got A Friend in Me, saya merasa begitu berwarnanya dunia ini. Betapa begitu indahnya dunia anak-anak. Bagaimana tanggung jawab kita untuk menanamkan nilai-nilai luhur kepada anak. Bagaimana kita menjadi contoh pada anak. Bagaimana peran orang tua untuk mendukung peran guru dalam pendidikan…

Wah kok jadi banyak? Nanti bisa jadi refleksi tersendiri nih.

Tinggalkan Balasan

