Sepatu Baru

Setelah sekian lama, akhirnya saya membeli sepatu baru. Sepatu kets yang saya gunakan terakhir ini, saya beli saat saya mau pergi ke Palembang untuk acara IDSECCONF. Wah tahun berapa itu? 2011? 2012?

Sudah 3-4 tahun berati.

Nah, dari pengalaman saya selama ini, baru kemarin saat membeli sepatu kaki saya diukur. Pendekatan umum yang biasa saya lakukan selama ini saat membeli sepatu adalah mencari dulu modelnya, lalu pilih ukurannya, dan coba.

Berbeda dengan kemarin. Kaki saya diukur. Keduanya, kanan dan kiri (barangkali ada perbedaan ukuran). Lalu saya diminta berdiri di suatu alat pengukur kaki. Kalibrasi sebentar… lalu saya diminta melangkah beberapa langkah dan direkam kamera.

Terlihat bagaimana saya berjalan. Lengkungan telapak kaki, lengkungan tulang kaki, hingga tekanan saat saya melangkah.

Tak lama, petugas toko keluar membawa tiga boks sepatu dengan ukuran yang kurang lebih sama. Lalu ia menjelaskan bagaimana perbedaan ketiga tipe sepatu lari ini. Mulai dari Asics, Mizuno sampai Saykoji eh Sauconi. Kalau yang Asics yang begini sol-nya, kalau Mizuno merk Jepang firmer, hingga Sauconi.

Duh, saya harus membedakan ketiga rasa sepatu ini. Repot kan. Perbedaannya tipis-tipis begini. Apalagi saya termasuk lama mengambil keputusan saat memilih sesuatu.

Saat saya tanya harganya, ketiganya kurang lebih sama. Jadi tak ada pertimbangan harga, yang ada tinggal preferensi model dan kecocokan.

Wah, kemarin menjadi pengalaman baru dalam membeli sepatu.

Tinggalkan Balasan

