10 Ribu Langkah

Masih ingat dengan angka 10 ribu?

Satu yang saya ingat adalah: 10 ribu jam. Tak ada jalan singkat untuk menjadi pakar. Yang ada adalah 10 ribu jam. Dengan menggeluti satu bidang selama 10 ribu jam, baru kita jadi pakar dalam satu bidang. Nah cara mencapai 10 ribu jam ini bisa bermacam-macam. Takkan saya bahas dulu di sini.

10 ribu lainnya adalah saat saya membaca buku soal Remote Working: No Office Required. Saya juga baru tahu buku ini belakangan-belakangan ini. Buku ini ditulis oleh perusahaan kecil 37signals. Belakangan (lagi) saya baru tahu bahwa salah satu personil dari perusahaan ini lah yang menelurkan Ruby on Rails (RoR), salah satu web framework bahasa Ruby yang paling populer saat ini.

10 ribu dalam buku ini adalah 10 ribu langkah. Dengan tidak commute ke kantor, apakah berarti langkah seorang remote worker akan berkurang? Padahal bergerak itu perlu. Kita tak bisa hidup sehat dengan duduk di depan komputer, ketak-ketik, terus menerus selama 8 jam.

2 pemikiran pada “10 Ribu Langkah

Tinggalkan Balasan

