Hanya Lapar dan Dahaga

Saya pernah membaca mengenai banyaknya orang berpuasa namun hanya mendapat lapar dan dahaga saja. Jujur, ini adalah salah satu ketakutan terbesar saya dalam berpuasa.

Dengan kondisi sekarang, tantangan puasa adalah melawan hawa dingin dan mengendalikan emosi di rumah. Berhadapan dengan anak 5 tahun tak semudah dibayangkan. Ada saat-saat di mana saya begitu bosan dan ingin melakukan apa yang orang dewasa lakukan.

Dalam 2 minggu ke depan adalah hari libur. Ramadan pun akan segera berakhir. Semoga keduanya bisa sinkron.

Oh ya, belum lama ini saya mencoba mencari buku-buku soal Islam di perpustakaan. Hal ini tentu tidak mudah karena Islam minoritas di sini. Hmm namun apakah tempat di mana Islam mayoritas, buku-buku Islam akan mudah ditemukan? Oups, perpustakaan publik saja sulit ditemuka.

Satu buku yang mulai saya baca adalah buku biografi Nabi Muhammad SAW karya Tariq Muhammad. Tariq merupakan salah seorang scholar Muslim di Eropa. Saya membaca buku ini di sela-sela waktu yang ada. Belum banyak, baru satu-dua bab.

Saya kembali teringat bagaimana Nabi Muhammad SAW dilahirkan tanpa bapak. Bapaknya meninggal saat Aminah, Ibu nabi sedang hamil 2 bulan. Lalu di usia 6 tahun, Nabi Muhammad SAW kehilangan ibu-nya. Sehingga otomatis ia besar tanpa figur ibu dan bapak.

Satu bagian pengantar yang menarik bagi saya adalah tulisan Tariq tentang tantangan bagi umat Islam untuk tidak menjadikan ibadah berhenti sebagai ritual formalitas atau kewajiban saja, namun tantangan berikutnya adalah bagaimana menyelami nilai-nilai ibadah ini dan menerapkannya dalam kehidupan.

OK, sekian dulu tulisan kali ini. Internet di rumah sedang byar-pet ini. Kadang nyambung, kadang putus. Jangan lupa, Ramadan sudah memasuki 10 hari terakhir. Jangan sampai nanti menyesal di belakang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s