Etos Kerja

Saya ingin membuka tulisan ini dengan salah satu lirik lagu KLa Project. Saya lupa persisnya, jadi saya tulis saja kira-kira-nya.

Sungguh beruntung orang yang mencintai apa yang ia kerjakan.

Alkisah malam ini, saya disibukkan dengan negosiasi waktu penjemputan dengan supir sewa-an. Padahal sudah jauh-jauh hari saya sepakat dengan pemilik usaha sewa mobil untuk menjemput pukul 6:30. Belakangan saya ditelepon oleh pemilik sewa mobil bahwa sang penjemput baru bisa sampai pukul 7:30

Belakangan lagi, sang supir mengontak saya, bertanya, mau dijemput pukul 8-an atau 9? APAAAAAA???????

Belum tahu kalau saya orangnya sangat kaku soal waktu. Saya bisa marah besar kalau ada orang janjian dengan saya dan ia datang terlambat tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Lantas datanglah satu alasan diikuti dengan alasan berikutnya.

Masih di hari yang sama, usai mengantar Zaidan sekolah, telepon saya bergetar. Ada telepon masuk dari istri saya. Ia mengabari bahwa orang kargo sudah datang. Dalam hati saya, “Wow, tepat pukul 9 sudah datang!”.

Saat saya tiba di garasi, orang kargo ini sudah mulai bekerja dengan cekatan. Ia hanya sendiri. Ada tas kerja hitam di antara kardus-kardus besar yang siap menempuh perjalanan ribuan kilometer. Ia sudah sibuk menempelkan label nama di setiap kardus, timbangan elektronik sudah keluar, termasuk trolley untuk mengangkat kardus. Dengan cekatan, ia memasukkan setiap kardus ke dalam mobil, berusaha seoptimal mungkin tak ada ruang kosong di dalam mobil sehingga semua barang bisa terangkut.

Nah, ini baru etos kerja yang saya suka!

Ngomong-ngomong soal etos kerja, saya sendiri apakah memiliki etos kerja yang mantap? Wah, masih ada satu pekerjaan yang belum saya selesaikan. Satu lainnya baru saja saya selesaikan.

Kalau orang-orang Barat, saya lihat etos kerja bukan gigih, kerja keras, tapi lebih ke kombinasi menikmati apa yang dilakukan dan berpikir mencari sesuatu yang baru. Eh tapi apa kerja keras juga ya? Misal berlatih setiap hari. Jadi kembali tak ada yang instan kan?

Tinggalkan Balasan

