Menjadi Tua

Hari ini, eh ternyata sudah jadi kemarin, saya menyempatkan bertemu dengan kakak-kakak bapak saya. Sudah lama sekali saya tak berjumpa dengan mereka: bude-bude saya. Begitu kami memanggilnya. Bude untuk kakak perempuan dari bapak, sementara cukup mbak jika lebih mudah dari bapak.

Senang rasanya mereka masih sehat. Masih bisa pergi dari Jogja ke Jakarta untuk menyambung silaturahmi. Kali ini bukan untuk momen pernikahan, momen yang paling umum untuk berjumpa dengan keluarga usai mbah meninggal.

Mereka kini sudah semakin sepuh. Proses penuaan takkan bisa dilawan. Kulit keriput, mata rabun dekat, dst. Satu hal sama yang saya lihat dari mereka dan orang tua saya, adalah kebahagiaan saat menghabiskan waktu bersama cucu.

Lalu muncul pertanyaan dalam hati saya: akankah saya tetap sehat di hari esok saya? Teriring doa untuk seluruh keluarga saya…

Tinggalkan Balasan

